• Materi-materi yang dipelajari pada mata kuliah ini meliputi: Penetapan Masalah Riset, Penentuan Design Riset, Metode Pengumpulan Data, Penentuan Desain Pertanyaan, Skala, dan Alat Analisis, Metode Pengambilan Sampel, Analisis dan Penginterpretasian Hasil Analisis, dan Penyajian Laporan Riset. Pada setiap Bab menguraikan teori-teori, disertai dengan contoh-contoh kasus.

  • Mata kuliah Analisis Real I merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh semua mahasiswa jurusan matematika. Mata kuliah ini tergolong mata kuliah lanjut yang diperuntukan bagi mahasiswa yang telah mengambil mata Kalkulus I dan Kalkulus II. Secara umum materi pada mata kuliah Analisis Real I sebenarnya sudah dikenal oleh mahasiswa yang telah mengambil kedua mata kuliah prasyarat tersebut. Hanya saja, materi pada Analisis Real I bersifat lebih abstrak, teoritis, dan mendalam. Analisis real merupakan alat yang esensial untuk membentuk pola pikir kritis dan analitis sehingga nantinya dapat digunakan, baik di dalam berbagai cabang dari matematika maupun bidang ilmu-ilmu lain. Apabila mata kuliah ini dapat dipahami dengan baik maka mahasiswa mempunyai modal yang sangat berharga untuk memahami mata kuliah di bidang lain. Setelah mempelajari mata ajar Analisis Real I mahasiswa diharapkan mempunyai kedewasaan dalam bermatematika, yang meliputi:

    1. Kemampuan berpikir secara deduktif, logis, dan runtut.

    2. Kemampuan menganalisis masalah

    3. Kemampuan mensintesis suatu hal yang bersifat khusus ke suatu hal yang bersifat umum (kemampuan mengeneralisasi masalah) sehingga dapat menyelesaikan suatu masalah yang lebih kompleks.



  • Mata kuliah Analisis Algoritma adalah mata kuliah wajib mhs Jurusan Matematika, FMIPA UNUD.  Topik yang dibahas meliputi metode greedy, metode divide and conquer, metode dynamic programming, dan metode backtracking.
  • Struktur data merupakan mata kuliah wajib bidang minat komputasi progdi Matematika.  Topik yang dibahas antara lain: stacks, queues, linked list, recursion, searching, sorting and binary tree.

Theme by NewSchool Learning