Sub-categories
Teknik Elektro
Teknologi Informasi
Teknik Mesin

  • Kursus pendek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mahasiswa akan penulisan dan mempublikasikan artikel ilmiah dan mengembangkan kemampuannya untuk menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya.

  • Program Matrikulasi PS Magister Ilmu dan Teknologi Pangan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa baru untuk mengenal prinsip ilmu dan teknologi pangan sebelum nantinya mengikuti aktivitas perkuliahan lebih lanjut. Program pembelajaran on-line ini hanya membahas bagian dari Matrikulasi terkait dengan Dasar-dasar Pengolahan dan Pengawetan yang dirancang selama satu minggu. Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa akan memahami dan mampu merespon dengan baik materi-materi perkuliahan pada PS Magister Ilmu dan Teknologi Pangan.
  • Mata Kuliah ini memberikan: dasar-dasar biokimia seperti metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, pemanfaatan mikroba dalam industri pengolahan hasil pertanian, seperti teknologi fermentasi alkohol, asam sitrat, asam asetat, MSG, antibiotika, asam amino, vitamin dan enzim serta produk industri lainnya. Ekstraksi dan pemanfaatan bioaktif dari mikroba dan tanaman. Proses produksi bioenergi yang memanfaatkan bahan dasar pati, selulosa dan lemak.
  • Pada mata kuliah ini dibahas nilai gizi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral pada pangan, serta pengaruh berbagai kondisi pengolahan seperti pemanasan, pendinginan, irradiasi, pengeringan, fermentasi dan lain-lain terhadap zat gizi tersebut. Lebih lanjut juga dibahas, beberapa metode analisis untuk menentukan nilai zat gizi pangan. Zat anti gizi dan bioaktif pangan yang menarik masyarakat dewasa ini juga dibahas dalam mata kuliah ini. Setelah mengikuti kuliah Evaluasi Nilai Gizi Pangan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor yang menentukan mutu zat gizi dalam bahan pangan, pengaruh berbagai kondisi pengolahan terhadap mutu zat gizi, mampu menganalisis nilai zat gizi pangan secara laboratorium


  • Kuliah ini membahas teori dan pengukuran parameter-parameter yang mendasari pengemasan pangan yang meliputi parameter hidratasi, interaksi pangan dan kemasan, penyimpangan mutu dan aspek keamanan pangan, analisis migrasi kemasan dan food contact materials, serta trend pengemasan masa depan (kemasan aktif dan intelligent), pemilihan model-model untuk simulasi penentuan kedaluwarsa. Pendekatan teoritis pengemasan pangan sebagai proteksi sampai promosi (estetika) juga akan dibahas.
  • Mata kuliah ini untuk mempersiapkan mahasiswa berkarya pada industri pangan dengan memahami dan melaksanakan sistem manajemen mutu dan keamanan pangan pada pasar global yang dinamis.Pokok bahasan penting bagi mahasiswa meliputi organisasi penjaminan dan kendali mutu, regulasi dan sertifikasi mutu serta keamanan pangan nasional dan internasional, hazard analysis and critical control points (HACCP), prinsip HACCP, standar dan spesifikasi mutu, perencanaan inspeksi, product recall, bioterorism, personal hygiene dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOPs).Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman akan ISO 22000 yang fokus pada pengembangan, implementasi dan perbaikan sistem manajemen keamanan pangan.

Theme by NewSchool Learning