• Mata Kuliah singkat Penyakit dan Susut Pascapanen berisikan beberapa pokok bahasan yang akan dipelajari mahasiswa. Pada akhir perkuliahan pendek ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan menganalisis beberapa jenis penyakit pascapanen kaitannya dengan pra-panen, susut yang diakibatkan oleh penyakit sselama periode pascapanen dan cara pengendaliannya.
  • Fasilitator: Prof. Ir. I Made Supartha Utama, MS., Ph.D. dan Dr. Ir. Sumi Yati, MP

    Pada mata kuliah ini, peserta belajar akan diberikan pemahaman tentang metode ilmiah dengan langkah-langkah yang harus ditempuh, analisis dan sintesis serta induktif dan deduktif dalam metode ilmiah.Masing-masing tahapan metode ilmiah akan dijelaskan lebih jauh kepada peserta belajar sehingga pola pikir ilmiah sebagai kompetensi utama yang dimunculkan tercapai.Pada pembelajaran ini akan diberikan bagaimana pembuatan proposal dan prosedur pelaksanaan penelitian serta presentasi hasil penelitian yang baik berbasis metode ilmiah.Sebagai tambahan, peserta belajar akan diberikan pula pemahaman tentang kerja praktik berbasis industry dan kuliah kerja nyata.


  • Fasilitator: Prof. Ir. I Made Supartha Utama, MS., Ph.D.

    Kursus ini memberikan kesempatan kepada peserta belajar untuk memahami tentang departemen buah dan sayuran pada usaha ritel, keringkihan dan shelf life produk hortikultura segar sebagai pengetahuan dasar untuk usaha ritel. Demikian pula peserta akan diajak untuk lebih memahami tentang sistem penerimaan, penyimpanan, kendali stok dan rotasi, pengetahuan detil terhadap produk, product care and handling, preparasi produk dan mercandising (displai produk, color contrast, ticket writing and signage, creating abundance, store lay out, POS promotion materials, cross department and cross product promotion), pembersihan dan sanitasi serta personal hygine, serta pelayanan pelanggan.

  • Fasilitator: Prof. Ir. I Made Supartha Utama, MS., Ph.D, Dr. Ir. G.S. Suhartati Djarkasi, MSi., Ir. M. Fransisca Sumual, MSc., dan Ir. Lana Lissy Lalujan, MSi.

    Mata Kuliah Teknik Pascapanen mengeksplorasi perbedaan fase produksi dan pascapanen, persepsi mutu, kematangan fisiologis dan kematangan hortikultura dan indeks panen. Mengkaitkan stress pascapanen dengan perkembangan teknologi pascapanen berdasarkan pertimbangan fisiologis, fisik-morfologis, patologis dan ekonomis. Mengkaitkan faktor-faktor pemicu kemunduran mutu produk dengan karakteristik pascapanen, pentingnya pendinginan dan rantai pendingin, penyiapan produk untuk pasar melalui operasi bangsal pengemasan dengan mempertimbangkan aspek manajemen mutu.

Theme by NewSchool Learning